Jumat, 27 November 2015
Sejarah Games Online Indonesia
Halo Gamers,
Siapa yang tidak tahu Games Online ? Hampir 90% orang di dunia tahu
tentang Games Online, dan sekitar 70% mencoba bermain Games Online.
Sejarah Games Online berawal dari tahun 1969, waktu itu Games Online di
buat bertujuan memajukan pendidikan. Namun mengikuti berjalannya waktu
Games Online mempunyai beraneka ragam tujuan seperti hiburan, sosial,
bisnis, teknologi, dll. Sistem bermain di Games Online juga berkembang
sangat cepat dan beraneka ragam tipe game.
Berdasarkan jenis permainan game online di bagi menjadi :
- MMORPG ( Massively Multiplayer Online Role-Playing Games ).
- MMOFPS ( Massively Multiplayer Online First Person Shooter games ).
- MMORTS ( Massively Multiplayer Online Real Time Strategy ).
- MMOSG ( Massively Multiplayer Online Social Games ).
- MMOBG ( Massively Multiplayer Online Browser Games ).
- Simulation Games.
- Cross-platform online play.
Dengan banyaknya jenis permainan kita bisa bayangkan berapa Games Online yang telah ada sampai sekarang.
Sejarah Games Online di Indonesia
Penduduk Indonesia tahun 2012 sekitar 200 juta jiwa, dengan banyaknya
populasi itu negara kita menjadi tujuan konsumen teknologi. Salah satu
teknologi yaitu Games Online cukup populer sampai saat ini di Indonesia,
bayangkan banyak anak SD ( Sekolah Dasar ) di Indonesia sudah pernah
bermain Games Online. Bahkan orang tua pun tidak sedikit menjadikan
Games Online sebagai media hiburan di waktu senggang. Dengan peluang
sebesar itu produsen Games Online tidak ragu menjadikan Indonesia
sebagai tempat menjual produk mereka. Games Online di Indonesia mulai
masuk awal tahun 2001 dengan di sertai mulai banyak warnet-warnet, dan
Games Center bertebaran di kota besar. Seiring berjalannya waktu, saat
ini kita tidak perlu susah-susah mencari warnet karena sekarang sudah
banyak kita jumpai di kota-kota di Indonesia. Bahkan sekarang mulai
masuk ke daerah-daerah terpencil yang berada di pegunungan, sehingga
semakin banyak orang tahu tentang Games Online dan tidak jarang menjadi
kecanduan bermain. Banyak orang beranggapan Games Online berefek negatif
bagi kehidupan, sebetulnya Games Online mempunyai sisi positif dan sisi
negatif bergantung pada penggunanya.
Efek Positif Games Online
- Pengguna Game Online mampu bersosialisasi secara virtual dengan tidak di batasi ruang dan waktu.
- Berfungsi melatih otak untuk menyusun strategi dengan singkat dan meningkatkan kemampuan berfikir.
- Dimanfaatkan untuk menjadi lahan bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Efek Negatif Games Online
- Sosialisasi fisik berkurang karena lebih banyak bersosialisasi secara virtual.
- Dapat merusak mata dan tidak jarang kalau bermain terlalu lama membuat kesehatan menurun.
- Membutuhkan biaya untuk bermain seperti sewa komputer atau beli voucher.
- Membuat orang melupakan tanggung jawabnya karena sering menghabiskan waktu untuk bermain.
Berikut Games Online yang pernah beredar di Indonesia dari tahun 2001-sekarang:
- Tahun 2001 Nexia Online
- Tahun 2002 Redmoon, Warcraft 3: Reign of Chaos
- Tahun 2003 Laghaim, Ragnarok, Warcraft 3: The Frozen Throne ( DotA mulai muncul )
- Tahun 2004 Gunbound, Tantra, Xian, Risk Your Life
- Tahun 2005 Getamped, Stargate, O2 jam, Pangya, Knight
- Tahun 2006 Seal, RAN, Deco, Ayodance
- Tahun 2007 Domo, Angel Love, RF online, Ghost
- Tahun 2008 Counter Strike Online, Rose Online, Master of Fantasy, Idol Street, Perfect World
- Tahun 2009 Emil Chronicle Online, Point Blank, Crossfire, Rohan Online, Crazy Kart
- Tahun 2010 Crazy kart 2, Luna Online, Requiem Online, Granado Espada, Hello Kitty Online
- Tahun 2011 Lost Saga, Angel Love, Grand Chase
- Tahun 2012 Forsaken World, Dragon Nest, Harvestmoon Online
Comment your favorite games...!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar